Multibeam Echo Sounder

Pengolahan Multibeam

Setelah pengambilan data dari lapangan, langkah selanjutnya melaksanakan pengolahan data multibeam.
apa saja yang perlu di siapkan sebelum pengolahan di mulai..
ok ..
1. pertama software apa yang mau kita gunakan? dalam hal ini asumsi kita menggunakan caris
2. jumlah beam dari multibeam yang kita gunakan (bisa di liat di spec alat)
3. Nama kapal jangan lupa
4. Tanggal pemasangan sensor/ instalasi/ cek terakhir sebelum di laksanakan survey
5. Tanggal selama survey dan lajur pada tanggal tersebut (log book)
6. Data2 offset dari sensor yang kita gunakan selama survey ( Multibeam, IMU, Navigasi, Rp, dll)
7. Water line...maksudnya tinggi dari Rp (reference point) ke waterline. bukan dari tranduser ke waterline..
8. sekalian data dimensi kapal kalo pengolahannya pake caris (untuk tampilan di vessel editor)
9. Data sound velocity profile daerah kita survey
10. data hasil patch test (untuk koreksi roll, pitch, yaw, latency)
11. Data pasut untuk koreksi pasut (perhatikan datum sounding yang akan kita gunakan)
12. dinamic draft tabel..untuk koreksi dinamic draft kalo ada..kalo gak ada ya bikin...caranya bikin tabel, kapal maju kemudian di laksanakan leveling dari darat ke kapal...kec 2 knot, kec 3 knot, kec, 4 knot, perbedaan draft dari kecepatan di catat berupa tabel.
13. kalo mau tau TPU ( Total Propagated Uncertainty) diperlukan data uncertainty dari setiap peralatan yang kita gunakan, antara lain :
a. Motion gyro
b. Heave % Amp
c. Heave
d. Roll
e. Pitch
f. Position navigation
g. Timing
h. offset (x,y,z)
i. loading
semuanya bisa di liat dari spec peralatan yang kita gunakan.....data tersebut sebagai input di caris..sehingga caris dapat menghasilkan TPU dan kita bisa mengkategorikan apakan survei kita memenuhi standar atau tidak.

 

Patch test

Hari ini, bingung ngapain.... dari pada bingung mendingan nulis di blog...
Patch test yang di maksud yaitu Patch Test multibeam echo sounder (MBES), santai bro...gak usah keder denger multibeam,(pengalaman pribadi).
Patch Test di laksanakan untuk memberikan koreksi roll, pitch, yaw, lattency,.... lho bukannya udah di lengkapi motion sensor untuk konpensasi roll, pitch, yaw? iya betul tapi yang di maksud dengan patch test ini untuk menghilangkan kesalahan sistematis akibat posisi sensor multibeam itu sendiri...

gambar1. data multibeam yang belum di koreksi nilai patch test
gambar2. data multibeam setelah pacth test

dari kedua gambar tersebut, terlihat jelas perlunya pacth test untuk mendapatkan data yang sempurna dari survey multibeam yang kita laksanakan.
So, now...gimana caranya melaksanakan patch test?
Pacth test itu terdiri dari Roll, Pitch, yaw dan lattency

Roll :
Dilaksanakan pada lajur survey dengan dasar laut yang rata/smooth
Dilaksanakan dua kali bolak balik dengan lajur yang sama kecepatan kapal sama

gambar 3. roll

Pitch :
Dilaksanakan pada lajur survey dengan dasar laut yang memiliki sloop yang tegas.
Dilaksanakan duakali dengan arah yang sama pada lajur yang sama (tidak bolak balik) dengan kecepatan kapal konstan (sama)

gambar 4.

Pitch Latency :

Dilaksanakan pada lajur dengan dasar laut yang memiliki sloop yang tegas.
Di laksanakan dua kali pada lajur yang sama dengan kecepatan yang berbeda ( ex: run pertama 5 Knot, run ke dua8 knot)

 gambar 5. Latency

Yaw :
Dilaksanakan dengan membuat lajur dengan offset ..maksudnya dengan membuat 2 lajur paralel dengan jarak tertentu disesuaikan dengan swath multibeam...hati2 dalam menentukan lajur dengan mempertimbangkan sloop dasar laut jangan sampai ada gap antara data lajur satu dengan lajur ke dua...karena yaw ini dilaksanakan pada lajur dengan dasar laut yang memiliki sloop yang tegas

gambar 6. Yaw


Setelah konsep patch test di atas, bahasan selanjutnya kita akan membahas pengolahan pacth test dengan menggunakan software hypack. kita akan coba juga menggunakan software caris hips ship, sebagai pembanding hasil pacth test ...

No comments:

Post a Comment